7 Teknologi Nirkabel Yang Membuat Dunia Berputar

7 Teknologi Nirkabel Yang Membuat Dunia Berputar

Geometris, Desain, Komputer, Teknologi

Teknologi nirkabel ada di mana-mana. Entah itu gebrakan tentang sesuatu yang baru atau produk yang saat ini tersedia, saya tidak dapat menjalani satu hari tanpa membaca atau menabrak sesuatu yang berhubungan dengan teknologi nirkabel. Ada tujuh teknologi nirkabel yang dibangun yang membuat dunia berputar. Ketika saya mengatakan " bawaan ", saya berbicara tentang produk yang memiliki teknologi nirkabel di dalam perangkat. Yang paling akrab bagi kebanyakan orang adalah Wireless USB, Bluetooth dan RFID. Namun, ada empat teknologi lagi yang setidaknya harus Anda ketahui. Jadi, inilah ketujuh teknologi: WUSB, Bluetooth, RFID, WiMedia, UWB, NFC dan ZigBee.

WiMedia - WiMedia mengacu pada platform radio Ultra Wide Band yang memungkinkan kecepatan transfer data yang tinggi. Tujuan WiMedia adalah untuk membakukan protokol atau kode yang digunakan dalam perangkat nirkabel. Sebagai contoh, standar WiMedia digunakan dalam produk Ultra Wide Band (UWB), Bluetooth dan WUSB. Hasil akhir bagi konsumen adalah bahwa WiMedia menjamin perangkat nirkabel bekerja bersama tanpa pengguna akhir mengetahui tentang prosedur pengaturan atau opsi konfigurasi. Saya kira Anda bisa mengatakan plug-n-play, tetapi kita berbicara tentang nirkabel.
UWB atau Ultra Wideband - UWB adalah teknologi nirkabel yang beroperasi dalam frekuensi radio yang lebih besar dari 500MHz. Artinya, UWB sangat bagus untuk mengirim banyak data secara nirkabel.

Transfer data pada frekuensi radio ini berfungsi sebagai pulsa. Karena tingkat emisi yang sangat rendah yang diizinkan oleh FCC, sistem UWB cenderung jarak pendek dan di dalam ruangan. Dengan durasi pendek dari pulsa-pulsa ini, lebih mudah untuk mentransfer jumlah data yang tinggi, tetapi juga dapat direkayasa untuk mentransfer lebih sedikit data pada jarak yang lebih jauh. Ini adalah pemberian-n-take dari UWB.

Contoh dari kecepatan transfer data yang tinggi menggunakan teknologi UWB adalah monitor komputer nirkabel atau camcorder digital yang memutar video tanpa memerlukan komputer host atau koneksi kabel ke TV.
WUSB atau Wireless USB - Wireless USB adalah kombinasi dari kecepatan transfer data berkecepatan tinggi dengan kemudahan penggunaan konektivitas USB. WUSB mengambil USB selangkah lebih maju dan melepaskan kabel dari koneksi.

WUSB menggunakan teknologi frekuensi radio Ultra Wide Band dan standar. Apa yang telah dilakukan WUSB pada UWB adalah mengadopsi protokol yang diperlukan agar dapat bekerja dengan konektor USB (atau port). Seperti Bluetooth, USB nirkabel sangat ideal untuk jaringan jarak pendek - biasanya disebut jaringan pribadi.

WUSB telah menjadi sangat kuat dalam jaringan pribadi di sekitar kantor, misalnya jaringan PC Anda bersama dengan mouse, keyboard, printer dan kamera biasanya dilakukan melalui WUSB. Bluetooth telah menjadi sangat populer untuk jaringan pribadi dalam kaitannya dengan perangkat seluler, seperti ponsel, headset, dan PDA.

Apa yang benar-benar WUSB bawa ke meja adalah berbagai produk menggunakan standar koneksi USB ke dunia tanpa kabel.
Tentang USB Nirkabel

Bluetooth - Bluetooth adalah metode komunikasi radio jarak pendek yang ideal untuk jaringan kecil - biasanya disebut jaringan pribadi. Bluetooth unik karena memiliki tiga kelas berbeda untuk menentukan seberapa jauh ia akan berkomunikasi; 1 meter, 10 meter dan 100 meter.

Contoh jaringan pribadi adalah headset Bluetooth dan unit dasarnya, atau ponsel. Contoh lain adalah jaringan nirkabel antara PC, keyboard, mouse, dan printer Anda.

Bluetooth bekerja pada frekuensi yang sama seperti banyak telepon nirkabel dan gelombang mikro - kisaran 2,4GHz - tetapi karena output daya sangat kecil, tidak ada masalah kesehatan nyata dengan teknologi Bluetooth.
RFID atau Radio Frequency Identification - RFID adalah metode identifikasi otomatis yang digunakan untuk menetapkan ID ke suatu item. Paling umum adalah tag RFID ditempatkan pada suatu objek. Tag ini sebenarnya adalah chip silikon yang menaungi antena internal. Ketika arus listrik eksternal mengenai tag RFID, dihasilkan respons yang memberi tahu ID objek.

Ada dua jenis tag. 1) Pasif - sebuah tag yang tidak memiliki daya internal, melainkan menggunakan pulsa listrik yang dikirim kepadanya untuk membangunkan dan mengirim respons. 2) Aktif - tag yang menggunakan daya internal untuk memberikan respons ID.

Dua contoh yang dapat Anda identifikasi adalah tag RFID pasif yang digunakan di pusat perbelanjaan atau toko pakaian. Ini adalah tag yang dilampirkan pada pakaian (atau item) yang membunyikan alarm toko ketika tidak dihapus.

Contoh dari tag RFID aktif adalah transponder jalan tol. Di sini Anda memiliki unit RFID bertenaga baterai yang berkomunikasi dengan layanan jalan tol untuk mengisi daya otomatis akun Anda untuk penggunaan jalan.
Komunikasi NFC atau Near Field - NFC adalah teknologi nirkabel yang ditujukan untuk digunakan pada ponsel. Premis dari teknologi ini didasarkan pada induksi medan magnet. Dengan kata lain, medan magnet digunakan untuk mengaktifkan perangkat saat berada dalam jarak dekat. Jarak kerja NFC terjauh adalah 20 sentimeter - jadi saya berbicara sangat dekat!

Dalam contoh menarik akan berjalan melewati poster film dan melambaikan ponsel Anda di depannya untuk mengunduh trailer. Contoh dunia nyata menggunakan ponsel Anda untuk melakukan pembayaran dan alih-alih menggesek kartu kredit, Anda cukup menyentuh ponsel ke terminal dan transaksi akan dieksekusi. Teknologi ini juga diimplementasikan ke dalam kartu kredit.
Tentang NFC

ZigBee - Adalah protokol nirkabel yang digunakan pada perangkat berdaya rendah yang tidak mentransfer banyak data, membutuhkan masa pakai baterai yang lama dan berkomunikasi pada jaringan yang aman. Teknologi ZigBee didasarkan pada aplikasi frekuensi radio atau RF.

Contoh praktis dari teknologi ZigBee adalah sistem jaringan rumah yang mengontrol barang-barang seperti lampu, sistem keamanan, alarm kebakaran, pemanas dan pendingin udara. Contoh ini menunjukkan setiap "item" yang perlu berkomunikasi dengan stasiun pusat dan memiliki kebutuhan transfer data yang rendah (menyala, mati) bersama dengan usia baterai yang lama.

Pada gambar Anda dapat melihat garis merah sebagai tautan perutean di mana sinyal nirkabel "menyentuh" ​​setiap perangkat bersama dengan tautan abu-abu yang mengarah ke titik akhir, atau titik kontrol.
Tentang Zigbee

Jika Anda perhatikan, saya belum termasuk WiFi dan alasannya sederhana. WiFi bukanlah teknologi yang tertanam dalam produk. Selain itu, WiFi membutuhkan konfigurasi dan bukan plug-n-play seperti teknologi yang disebutkan di atas. Kekuatan dalam WiFi adalah kemampuan untuk menangani beberapa perangkat dalam jarak yang lebih jauh dengan tetap mempertahankan kecepatan transfer yang tinggi.

Ingatlah, artikel ini adalah tinjauan umum tingkat tinggi dari teknologi nirkabel built-in dan ada jumlah informasi tak terbatas yang tersedia untuk setiap teknologi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Teknologi Nirkabel Yang Membuat Dunia Berputar"

Posting Komentar